Inilah 5 Tips Menghindari Tabung Gas Meledak di Rumah

Permasalahan utama pada tabung gas elpiji adalah ledakan, dampak dari ledakan ini bisa sangat fatal. Selain barang-barang habis di lalap api ternyata tabung gas meledak juga dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa. Bahkan, di beberapa kasus ledakan gas elpiji cukup banyak korban yang mengalami luka serius atau bahkan hingga meninggal dunia. Untuk itu, permasalahan ini tidak bisa dianggap remeh.

Gas elpiji sendiri kegunaannya sudah sangat penting bagi masyarakat Indonesia, banyak masyarakat yang ketergantungan pada gas ini. Untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya ledakan pada tabung gas elpiji sebenarnya caranya cukup simple namun sulit diterapkan yaitu dengan menghentikan pemakaian gas elpiji dan beralih ke cara tradisional. Namun, cara tersebut sudah pasti akan banyak dicekal masyarakat, selain hanya akan memperlambat proses memasak juga membutuhkan tenaga ekstra melakukannya. Alhasil, cara ini pun tidak akan dapat dilaksanakan.

Lalu bagaimana cara supaya tabung gas elpiji tidak meledak? setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Tips ini juga memastikan Anda untuk tetap memakai gas elpiji untuk kebutuhan memasak tanpa harus mengurangi jumlah pemakaiannya. Namun sebelum itu, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari ledakan gas elpiji itu sendiri. Berikut penjelasannya :

1.Kebocoran tabung

Penyebab paling umum yang sering dialami masyarakat ialah kebocoran pada tabung gas. Kebocoran ini terjadi biasanya karena pemasangan karet gas tidak benar dan selang gas sering tertekuk sehingga menyebabkannya kesobekan yang berakibat bocornya gas.

2.Klem tidak kencang

Jika pemasangan klem atau cincin dari regulator ke kompor tidak kencang maka bisa berakibat ledakan pada tabung gas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui prosedur pemasangan klem yang benar.

3.Tidak terdapat sirkulasi udara

Ruangan yang terlalu tertutup biasanya akan menimbulkan ledakan gas. Hal ini pastinya bukan tanpa sebab, tidak adanya sirkulasi udara yang baik dapat mengakibatkan gas mengendap di tempat tersebut dalam jumlah besar. Maka dari itu, pastikan tempat Anda menyimpan gas elpiji terdapat sirkulasi udara yang bagus.

4.Api

Seperti yang kita ketahui jika api bahkan percikannya saja bisa menyulut gas hingga menimbulkan ledakan. Jangan sampai gas terkena percikan api dari korek api, saklar listrik, atau kompor sekalipun.

Setelah mengetahui penyebabnya, saatnya kita membahas tips menghindari tabung gas elpiji. Bagaimana caranya? simak penjelasan di bawah:

1.Bersihkan kompor

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memastikan kondisi kompor bersih atau baik-baik saja. Jika terdapat kotoran atau sisa makanan yang menempel sebaiknya segera dibersihkan guna menghindari kerusakan pada selang.

2.Pastikan tidak ada kelonggaran

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa komponen gas yang tidak kencang memperbesar kemungkinan terjadinya ledakan. Untuk itu, pastikan selang yang tersambung ke regulator dan kompor gas terpasang dengan benar dan tidak longgar.

3.Periksa regulator

Selanjutnya Anda harus segera memeriksa regulator gas apakah masih berfungsi dengan baik dan terkunci rapat. Jika dirasa regulator Anda tidak mencakup semua itu sebaiknya ganti dengan yang baru.

4.Buka ventilasi udara

Jika rumah Anda termasuk rumah yang tertutup sebaiknya mulai saat ini buka ventilasi udara rumah Anda agar gas bisa keluar dan tidak mengendap.

5.Jangan nyalakan kompor saat tercium bau gas

Yang satu ini penting untuk Anda terapkan, jika misalnya tercium bau gas menyengat jangan pernah menyalakan kompor gas atau sesuatu yang dapat memantik api.

, ,
Hubungi Kami
kontak

PT Gas Depo

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: [email protected]
Order Online

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Produk

Pesan