Mengapa Tabung Gas Elpiji yang Habis Mengeluarkan Bau Menyengat?

Seperti yang kita ketahui, gas elpiji sangat bermanfaat dalam kehidupan. Penggunaan tabung elpiji dapat kita temukan terutama dalam kehidupan rumah tangga, yakni untuk keperluan memasak. Penggunaan gas elpiji dalam rumah tangga tergolong tinggi. Bahkan dalam beberapa rumah, bisa saja mereka menyimpan dua atau tiga tabung elpiji untuk mengantisipasi ketika gas elpiji sudah habis.

Kita pun mengenal tabung gas elpiji dalam berbagai ukuran mulai dari tabung berukuran 3 kg, 12 kg, dan yang lainnya. Sebagai pengguna tabung gas elpiji yang bijak, sebaiknya kita juga mengenali ciri-ciri gas elpiji. Gas elpiji mempunyai ciri-ciri sebagai berikut

  • Cairan dan gasnya mempunyai sifat mudah terbakar. Maka dari itu alangkah baiknya jika dijauhkan dari api.
  • Gas elpiji merupakan gas yang tidak beracun dan juga tidak berwarna.
  • Cairan bisa menguap apabila dilepas dan penyebarannya pun bisa berlangsung dengan cepat.

Pada kenyataannya, gas elpiji sejatinya tidak memiliki bau. Akan tetapi, ketika gas elpiji habis, mengapa tercium bau yang menyengat. Hal ini terjadi lantaran Pertamina sengaja menambahkan gas mercaptan. Gas inilah yang mempunyai bau yang khas dan begitu menyengat sehingga akan menusuk hidung.

Gas mercaptan memiliki massa jenis yang sedikit lebih besar dari gas elpiji. Gas mercaptan akan terkumpul di dasar tabung. Ketika gas hampir habis, konsentrasi tinggi dari gas mercaptan ini akan keluar sehingga bau khasnya akan terasa menyengat dan menusuk hidung.

Penambahan gas mercaptan sendiri sejatinya merupakan langkah yang sangat berguna untuk mendeteksi kebocoran pada tabung gas. Jadi, Anda harus berhati-hati juga ketika mencium bau menyengat dari tabung gas, terutama ketika tabung gas masih dalam keadaan terisi. Bisa jadi bau mercaptan yang tercium merupakan tanda adanya kebocoran pada tabung gas elpiji Anda. Hal ini bisa terjadi lantaran selang atau regulator sudah aus.

Selain itu, kebocoran gas juga dapat dideteksi dengan menempatkan tabung gas pada ember yang berisi air. Kebocoran dideteksi dengan adanya gelembung yang muncul dari bawah ke permukaan air.

Pengetahuan mengenai gas elpiji sangat diperlukan terutama menyangkut keselamatan. Misalnya tentang bau gas yang menyengat. Hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda kebocoran gas atau mungkin saja karena gas sudah hampir habis. Oleh karena itu, mari kita selalu memperhatikan kondisi tabung gas elpiji kita.

,
Hubungi Kami
kontak

PT Gas Depo

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: [email protected]
Order Online

    Nama (*)

    Telp (*)

    Alamat Lengkap (*)

    Produk

    Pesan